Berita

Netflix Mulai Uji Coba Layanan Gaming di Android

Setelah ramai dikabarkan akan merambah ke bisnis game, Netflix akhirnya mulai menguji coba layanan gaming secara terbatas di Polandia. Hal ini diungkapkan oleh akun resmi Netflix untuk negara tersebut lewat Twitter yang mereka miliki.

Bentuknya bukan lagi layanan streaming game melainkan dua game android yang diadaptasi dari serial TV Stranger Things yang popular di Netflix, yaitu Stranger Things: 1984 dan Stranger Things 3: The Game.

Kedua game ini bida kalian temukan di lama beranda aplikasi Netflix versi Android untuk pelanggan di Polandia.

Walaupun dapat diakses melalui Netflix, namun layanan gaming ini ternyata tidak berjalan langsung di atas aplikasi.

Karena setelah ikon game di klik, maka pengguna akan diantarkan ke aplikasi Google Play Store untuk mengunduh game. Informasi akun Netflix akan dibutuhkan sebelum pengguna bisa mengakses game.

Sete;ah diunduh, game hanya bisa dimainkan melalui aplikasi Netflix versi Android, tidak bisa dijalankan sendiri sebagai aplikasi standalone.

Kabar baiknya, tak ada iklan atau in app purchase di dalam game. Pelanggan Netflix juga tak dipungut biaya tambahan untuk mendapatkan game.

Layanan game ini juga diduga merupakan salah satu upaya Netflix untuk menggaet pelanggan baru. Selain masih terbatas di Polandia, untuk sementara hanya pengguna Android saja yang bisa mengakses game melalui Netflix.

Akses layanan tersebut dijanjikan akan memperluasnya ke perangkat IOS dalam beberapa bulan mendatang.

Menganggapi pertanyaan seorang pengguna di Twitter, Netflix Polandia mengatakan layanan gaming besutannya untuk sekarang hanya difokuskan bagi perangkat mobile saja.

Sebelum menelurkan layanan game, Netflix pernah bereksperimen dengan sejumlah serial interaktif, seperti Black Mirror: Bandersnatch.

Juli lalu, Netflix merekrut mantan eksekutif ES dan Oculus untuk memimpin ekspansinya ke ranah game.

Kabar platform video on demand asal Amerika Serikat ini merambah ke bisnis video games kini semakin mendekati kenyataan.

Di dalam sebuah laporan pendapatan kuartal II – 2021 yang dipublikasi di situs resmi baru – baru ini, Netflix mengonfirmasi bahwa perusahaan akan menyertakan game dalam paket berlangganan pelanggannya. Untuk tahap awal, Netflix akan focus pada game mobile saja.

“Game akan disertakan dalam langganan keanggotaan Netflix tanpa biaya tambahan,” tulis Netflix.

Para petinggi perusahaan tak menampik bahwa layanan game ini juga akan hadir di platform yang mendukung Netflix, seperti Xbox, PlaysStation, komputer hingga smart TV, sebagaimana dihimpun dari Cnet.

Meski demikian, Netflix belum mengungkap game mobile apa dan kapan pastinya game mobile ini akan hadir untuk pelanggan.

Yang jelas, Netflix menegaskan bahwa perusahaan berada dalam tahap awal untuk melakukan ekspansi ke layanan gaming.

“Hampir satu dekade kami mendorong program orisinal (film dan serial), kami pikir ini waktu yang tepat untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana anggota kami menghargai permainan,” tulis Netflix.

Terkait ekspansi ke layanan gaming ini, Netflix sendiri sudah melakukan sejumlah cara untuk membantu merealisasikannya.

Misalnya, perusahaan merekrut Mike Verdu, yang pernah bekerja sebagai wakil presiden pengembangan game di perusahaan game Electronic Arts (EA).

Netflix juga dikabarkan membuat kesepakatan dengan produser serial Bridgerton, Shonda Rhimes, untuk memasukkan game, sebagaimana dihimpun dari BBC.