Berita

Ini Kinerja Samsung Exynos 2200 dengan GPU AMD

Samsung kabarnya akan menghadirkan System on Chip baru Bernama Exynoss 2200 yang menggunakan pengolah grafis atau GPU besutan AMD untuk pertama kalinya.

Belakangan, informasi dari pembocor gadget Bernama Tron dengan handle Twitter @FrontTron menguak hasil benchmark GFXBench untuk calon SoC terbaru Samsung tersebut, yang terlihat melampaui Apple A14 Bionic milik trio iPhone 12 Series.

Menurut sampel uji coba yang diungkap oleh Tron, berbekal GPU AMD MRDNA2 dengan 6 compute units atau CUs 1,31 GHz, Exynos 2200 bisa menjalankan pengujian Manhattan 3.1 dengan frame rate 170,7 FPS.

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan pengujian Manhattan 3.1 pada perangkat dengan Apple A14 Bionic yang hanya mentok di frame rate 120 FPS.

Untuk pengujian GFXBench Aztec Normal dan High, SoC Exynos 2200 disebut bisa menjalankan kedua Benchmark ini dengan frame rate 121,4 FPS dan 51,5 FPS.

Skor Benchmark tersebut lagi – lagi lebih unggul dibandingkan dengan perangkat A14 Bionic di pengujian yang sama, di mana frame rate tertingginya hanya mencapai 79,9 FPS dan 30 FPS.

Walaupun perbedaan performanya terlihat signifikan, perlu dicatat bahwa pengujian ini, menurut Tron, merupakan sampel Benchmark yang diambil pada bulan Juni dengan driver GPU AMD yang masih dalam tahap pengembangan.

Artinya, performa Exynos 2200 bisa saja akan berbeda Ketika nanti hadir di ponsel flagship mendatang dari Samsung yang konon akan Bernama Galaxy S22 Series.

Samsung sendiri belum mengumbar informasi mengenai performa chip terbarunya itu. Namanya juga belum pasti Exynos 2200 dan belum tentu juga hadir di perangkat dengan nama Galaxy S22 Series.

Yang jelas, kemampuan chip Exynos 2200 belakangan memang menjadi daya Tarik tersendiri, terlebih jika kebolehannya dibandingkan dengan chipset A14 Bionic racikan Apple.

Sebelumnya, pembocor ulung IceUniverse sempat mengumbar hasil benchmark SoC teranyar Samsung itu untuk pengujian “Wild Life” di 3D Mark dengan skor mencapai 8.134 poin dan frame rata – rata 50,30 FPS.

Seperti di GFXBench, angka 3D Mark tersebut lebih tinggi dari A14 Bionic yang membekali iPhone 12 Pro Max. dalam pengujian yang sama, ponsel itu disinyalir hanya bisa menghasilkan skor benchmark 7.442 poin dengan frame rate rata – rata 40 FPS.

Dibocorkan Ice Universe lewat Twitter, chipset Samsung Exynos dengan Graphics Processing Unit atau GPU AMD memperoleh skor 8.134 lewat Benchmark di 3DMark.

Ini menjadi skor tertinggi dari semua chipset yang ada di smartphone. Sebagai perbandingan, chipset unggulan Qualcomm Snapdragon 888 di Galaxy S21 Ultra hanya mencapai skor 5.130 untuk performa GPU-nya.

Selanjutnya dengan Apple A14 Bionic, chipset yang ada di iPhone 12 series, mendapatkan rata-rata skor 7.400-7600 pada tes GPU.

Padahal, chipset terbaru Apple tersebut merupakan yang terbaik untuk SoC yang digunakan di smartphone saat ini.

Chipset baru Samsung yang berkolaborasi dengan AMD ini bisa dibilang merupakan prestasi yang mengesankan. Perlu diingat, ini merupakan tolak ukur Sebagian, jadi tidak sepenuhnya perbandingan keseluruhan.

Diperkirakan, chipset Exynoss 2200 ini akan hadir dalam beberapa bulan ke depan bersamaan dengan peluncuran Galaxy S22 Series.

Walau begitu, keunggilan pengolah grafis ini diperkirakan hanya untuk kalangan gamers karena Samsung mungkin masih kalah dalam hal kinerja CPU.