Tips

Tips Cara Mengatasi Status No Internet Pada Koneksi Wifi

Tidak bisa membuka website atau aplikasi online walaupun sudah tersambung ke jaringan Wifi biasanya disebabkan oleh beberapa hal.

Kamu pasti pernah mengalami kejadian dimana laptop terhubung ke jaringan wifi namun ketika hendak dipakai untuk browsing tidak bisa. Hal ini memang sering terjadi. Penyebabnya pun beragam, entah wifi yang dalam keadaan greyed out atau disabled, gagal routing ke gateway, hingga infeksi malware.

Penyebab yang paling sering adalah karena status No Internet atau Limited yang muncul di bagian konektivitas di perangkat.

Hal ini ditandai dengan ikon tanda seru dengan logo Wifi di sisi kanan atas layar smartphone. Ikon tersebut bisa juga muncul di bagian konektivitas di bagian kanan bawah layar laptop.

Masalanya kerap berasal dari router Wifi atau penyedia layanan internet. Namun, terkadang pengaturan perangkat atau konfigurasi jaringan juga bisa memblokir akses internet.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara sederhana yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah pada koneksi Wifi. Mau tahu? Yuk simak di bawah.

1.Forget Network

Forget Network

Langkah ini bisa jadi cara mudah paling ampuh untuk mengatasi status ‘No Internet’ yang muncul. Di smartphone, kamu buka Settings, kemudian pilih Connection atau Network and Internet.

Kemudian pilih WiFi. Tekan dan tahan pada koneksi yang mengalami gangguan, pilih opsi ‘Forget Network’.

Selanjutnya, masuk kembali ke jaringan yang tadi seperti awal menyambungkannya. Masukkan password yang diminta jika ada.

2.Sign In To Network

Sign In To Network

Pada jaringan WiFi publik atau di beberapa lokasi seperti kampus, sekolah, atau layanan publik, biasanya mengharuskan kamu untuk masuk ke jaringan. Caranya, dengan memasukkan username dan password yang diperlukan.

Beberapa jaringan lainnya akan meminta kamu untuk masuk dengan email, menyelesaikan tugas tertentu seperti menonton iklan, atau menyetujui persyaratan penggunaan jaringan sebelum mengakses internet.

Jaringan WiFi ini disebut Portal Captive. Jika kamu tidak mendapatkan pemberitahuan untuk masuk, buka Pengaturan lalu ketuk Jaringan & Internet lalu pilih WiFi. Setelah itu ketuk jaringan yang dipilih untuk masuk.

3.Reset Network Settings

Reset Network Settings

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan me-reset preferensi koneksi yang tersedia untuk perangkat kamu kembali ke aturan awal. Ini akan menghapus semua jaringan yang terhubung sebelumnya.

Artinya, ini akan membuka akses sebagaimana pertama kali kamu terhubung dengan jaringan WiFi. Buka Settings kemudian gulir ke bawah hingga menemukan General Management atau System. Selanjutnya ketuk pada bagian Reset.

Akan muncul tiga pilihan, kamu cukup memilih ‘Reset network settings’ untuk mengembalikan ke pengaturan awal pabrikan.

Ikuti langkah persyaratan yang diminta, misalnya password yang digunakan pada ponsel kamu untuk mengotentikasi. Ketuk tombol ‘Reset Netword Settings’ lagi dan tunggu sampai prosesnya selesai sukses.

4.Restart Router, Modem, atau Wireless Router

Restart Router, Modem, atau Wireless Router

Cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet yang paling banyak dan sering dilakukan adalah restart router.

Matikan router dan modem kamu langsung dari saklar utamanya. Tunggu sekitar 30 detik untuk menyalakannya kembali. Setelah menyalakan kembali router, tunggu hingga lampu DSL stabil.

Pilihan lainnya, kamu bisa melakukan router reboot melalui browser. Ketikkan 192.168.0.1/192.168.1.1 pada tab browser-mu dan tekan enter.

Masukkan username “Admin” dan password “Admin” pada halaman login jika belum memiliki sendiri. Pilih System Tools à Reboot option menggunakan menu sebelah kiri dan klik Reboot. Tunggu beberapa saat hingga proses reboot selesai.

5.Ganti DNS dengan Google Public DNS

Ganti DNS dengan Google Public DNS

Masalah wifi yang terhubung tapi tidak bisa akses internet pada PC bisa diatasi dengan mengganti DMS dengan DNS Google Public.

Caranya, buka jaringan dan pusat berbagi, cari Panel Control dan pilih Jaringan dan Internet. Kemudian, cari pusat jaringan dan pusat berbagi.

Klik nama wifi yang terhubung untuk membuka jendela informasinya. Pilih Properties untuk memilih TCP/IPV4 dan lanjutkan dengan klik Properties.

Pilih “gunakan alamat DNS berikut” pada jendela properti IPV4 dan ketik alamat Google. Akhiri dengan pilih OK di jendela yang terbuka. Lakukan proses yang sama untuk IPV6. Hidupkan kembali modem kamu dan periksa jaringan internetnya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi koneksi wifi yang terganggu. Semoga bermanfaat.